Langsung ke konten utama

Air Kopi Khop dan Kuliner Mie Aceh di Puncak Gunung Geurute Aceh Jaya

Air Kopi Khop dan Kuliner Mie Aceh di puncak Gunung Geurute Aceh Jaya salah satu kuliner yang wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Aceh. 

Sebelum pandemi Virus Covid-19 ada, saya masih menyimpan memori indah di puncak gunung geurute aceh jaya. Disela-sela waktu perkuliahan saya bersama rekan sahabat bepergian ke lintas barat aceh tepatnya ke puncak gunung geurute. Berbekal sepeda motor tua si merah yang kerap menemani saya berkelana kesana-kemari saya berangkat dari kota banda aceh dengan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam. So, keinginan berlibur saya terwujudkan dan sembari menenangkan fikiran yang bebannya sangat berat bagi saya seorang Mahasiswa Fakultas x dengan project matakuliah yang sangat tidak masuk akal. Oleh karena itu saya memutuskan untuk rehat di hari sabtu yang sedikit tenang dan cerah. 

Kehidupan Sebelum adannya virus covid 19 memang sangat verygood bagi semua orang tidak terkecuali pada diri saya. Dengan bebasnya kita masih bisa berkelana kesana-kemari sesuka kita. Tapi jangan risau sahabat, di provinsi Aceh hadirnya virus tersebut biasa saja, karena di sini tidak parah yang beredar di dunia berita, nihilnya di dunia berita banyak dilebih-lebihkan apalagi dengan muncul media-media cetak dengan juru tulis yang seakan menebarkan bahwa di Aceh penuh dengan virus tersebut, namun demikian kita sebagai insan yang patuh kepada pemimpin selagi pemimpin itu taat kepada Tuhan kita wajib mengikuti sebagaimana anjurannya, seperti mematuhi protokol kesehatan dan lain sebagainya.

Oke, disini kita tidak bercerita bagaimana virus itu lebih banyak, karena fokus kita yaitu mengenai Kopi Khop dan wisata kuliner Mie Aceh yang sangat lezat di puncak gunung geurute Aceh jaya. Ditambah dengan pemandangan alam yang sangat natural sekelas raja ampat hehehe kita bisa berlama-lama disana. Dan satu lagi, keindahan gunung geurute tidak lepas dari peran masyarakat di desa setempat yang mengelola dengan baik sehingga sampai sekarang masih eksis dan ramai dikunjungi. Adapun letaknya pun di Jalan Nasional Lintas Barat Provinsi ini mengakibatkan tidak sepi bagi pengunjung yang mengistirahatkan perjalanan mereka. Biasanya baik dari rute banda aceh- meulaboh dan ke barat sana dan sebaliknya Puncak Gunung Geurute tidak afdhol jika tidak bersinggah, itulah yang membuat wisata gunung geurute tidak sepi pengunjung.

Baca juga: Keindahan Pantai Teluk Jantang Aceh Besar

Air Kopi Khop dan Kuliner Mie Aceh 

Air Kopi Khop 

Kopi? Iya Air kopi, minuman yang sangat digemari oleh semua kalangan ini merupakan salah satu jenis minuman dimana dengan minuman tersebut sangat banyak para pelaku bisnis sukses akannya. Tapi pasti sahabat jarang mendengar Air Kopi Khop, yang sering itu seperti air kopi expresso, air kopi susu dan lain sebagainya. Nah di Aceh sangat berbeda lho sahabat, Air Kopi Khop namanya, Mengapa? Timbul pertanyaan bukan, sangat penasaran pastinya. Langsung saja saya ulas habis apa sih Air Kopi Khop itu. 

Air Kopi Khop yaitu air kopi biasa, tetapi penamaannya dari Bahasa Aceh Khop, Khop itu berati membalikkan, jadi air kopi khop yaitu air kopi yang dibalikkan. Pasti meuruah (tertuang) dong, jatuh pasti. Sangat jangan salah, air kopi khop ini ada penupang nya yaitu piring. Nyaris saja Meulungkop Meuruah roe u luwa yang tidak bisa bahasa aceh silahkan dm saya di instagram dan belajar lebih lanjut bahasa aceh dengan saya ya sahabat. 

Air Kopi Khop Puncak Gunung Geurutee

Air Kopi Khop Puncak Gunung Geurutee. foto oleh nusantarafotografi/imadulauwalin

Air kopi khop pada umumnya diminum dengan alat bantu pipet, nah dengan pipet ini kita tiup sedikit perlahan-lahan atau dengan membuka dengan perlahan gelasnya sehingga air kopi ini tertuang sedikit demi sedikit diatas piring, sensasi banget deh, rasa deg-degan juga kerap menghantui para pengunjung atau para traveller luar aceh. pengalaman pernah saya lihat juga orang yang fist time minum air kopi khop itu tertuang semuanya sangking tidak bertanya dulu bagaimana prosedur dalam meminum air kopi khop sendiri. Lucu memang tapi ya apa boleh buat sesuatu yang dikerjakan tanpa bertanya terlebih dahulu akan mengakibatkan hal-hal yang tak diinginkan. Wkwkwkwkwk. Selain air kopi Khop ada makanan yang tidak kalah menarik yaitu mie Aceh. 



Air kopi Khop Puncak Gunung Geurutee

Mie Aceh Puncak Gunung Geurute Aceh Jaya

Mie Aceh, siapa yang tidak kenal dengan mie Aceh bahkan sekelas bapak Presiden kita Ir. Jokowi mengatakan bahwa mie Aceh adalah salah satu kuliner yang menggugah selera Nusantara, dan anaknya mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mengunjungi Aceh dua tahun silam dan pernah singgah di puncak gunung geurute mengatakan bahwa mie aceh itu tidak ada bandingannya dengan mie dari daerah lain. Gimana sahabat sudah kenal belum dengan mie aceh, sekelas presiden aja mengatakan best masak sahabat tidak merasakan kelezatannya.

Mie Aceh Puncak Gunung Geurutee

Mie Aceh Puncak Gunung Geurutee. foto oleh Nusatarafotografi/imadul auwalin

Bumbu mie aceh sangat khas, kebanyakan lidah orang aceh itu suka dengan pedas, dan itu juga berlaku kepada saya Imadul Auwalin sebagai putra asli provinsi aceh. saya suka dengan rasa yang pedas, dan berlaku kepada semua jenis makanan. Mie aceh yang pedas tersebut menemani hari saya yang terasa beban. Lezat dan nikmat dengan panorama landscape alam puncak gunung geurute saya menghabiskan mie aceh dengan sangat cepat, btw itu makanan cocok juga buat anak kost yang sedikit lapar. 

Seusai minum dan makan mie aceh saya menyempatkan foto-foto di puncak gunung geurute, dengan tempat yang sangat instagramable saya berfoto layaknya seorang model, entah ia model, semoga saja dilirik oleh brand besar untuk menjadi model di produk pemasaran mereka, amiinn. Dengan tampang yang tergolong boleh lah sebagai anak aceh yang hitam manis saya berswa foto dan tidak lupa ya selfie, selfie itu merupakan hal yang wajib deh bagi saya. Hehehe 


Selfie Time

Jalan Nasional Lintas Barat Aceh

Jalan Nasional Lintas Barat Aceh

Jalan nasional lintas barat aceh begitu bagus, tiada kata macet terkecuali ada hal lian misalnya ada perbaikan jembatan dan jikalau sahabat memasuki wilayah tertentu. jadi untuk para pekelana dan sepeda motor jalan lintas barat merupakan salah satu jalan yang banyak dilalui apalagi buat anak pesta touring. Hijau dan laut. Warna hijau akan dilihat di sebelah kiri, dan warna biru akan dihidangkan dengan lautan yang eksotis sekali. Mulai memasuki daerah lhoknga sahabat akan membuat mata tersanjung begitu wonderfullnya alam indonesia dan alam provinsi aceh. 

Oh mungkin ada hal unik yang lupa saya ceritakan bahwa di puncak gunung geurute ada yang namanya siamang, cantik kok siamangnya. Eh, jangan kesinggung ya kakak elzirafellicia sekedar bercandaan doang, coba deh stalker ignya kakak elzirafellicia. Jika beruntung sahabat para traveller akan menemukan binatang tersebut dan berkesempatan untuk berfoto mesra dengan siamang.

Si Amang

Si Amang dan Kakak Elzira

Sahabat alam Si Amang (Symphalangus) merupakan primadona di puncak gunung geurute yang hampir punah keberadaanya, tapi jika kita jelajah lebih dalam lagi, pasti kita akan mendapatkan yang namanya siamang. 

Baca juga: Gadis Atau Dara Aceh Perawan

Inilah keseruan jika sahabat berada di Aceh dan demikianlah cerita perjalanan saya kali ini sambil menikmati Air kopi Khop dan Kuliner Mie Aceh di Puncak Gunung Geurute Aceh Jaya. Semoga sahabat yang diluar daerah dapat segera melangkahkan kaki ke Aceh. dan semoga sahabat semua tetap sehat mesti sekarang dilanda musibah pandemi virus covid-19. Thanks you, See You Again..


 #Travelphotography #Travelblogger #KopiKhop 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minggu Menyapa Kekasih Dalam Balutan Rindu

Hari minggu merupakan hari yang paling bahagia dan menurut wikipedia , hari minggu adalah hari pertama dalam satu pekan. Kata minggu diambil dari bahasa portugis, Domingo (dari bahasa latin dies Dominicus) yang berarti “dia do Senhor”, atau “hati Tuhan kita”. Sedangkan menurut saya hari minggu adalah hari dimana menyapa kekasih dalam balutan rindu. Wihh seperti pelukis dan penyair diatas batu yang bersandar di ranting kayu yang berdiri kokoh diantara bebatuan. Itulah makna dan hakikat bagi saya si anak pekelana dan traveller nusantara. Mentari keluar dari ufuknya menyemangati hati yang sedang gundah gulana, dan memberikan harapan baru untuk terus melangkah dan berinteraksi di dalam dunia yang fana dan hampa seperti hatimu yang setiap saat menyakiti perasaanku. Kopi dan nasi 5000 rb membuat perut kosong ku kembali hidup. Imajinasi dan tekad untuk menulis kisah dimasa muda menusuk dalam sanubari relung hatiku. Dengan uang yang seadanya saya memutuskan untuk mengukir kisah itu di hari mi

Aceh's Historical Relations with Singapore

Nanggroe Aceh Darussalam has a close historical relationship with Singapore . In the past, Sang Nila Utama was the founder of the ancient Singapore kingdom. When Singapore was attacked by the Majapahit Kingdom and the Kingdom of Singapore lost, in the end the descendants of the Main Indigo named Parameswara founded the Kingdom of Malacca. After the malak kingdom began, Singapore became the territory of Malacca.  When Malacca was defeated by the Portuguese in 1511, the kingdom of Johor was established, the territory of Singapore then also became the territory of Johor. During the Aceh Darussalam Sultanate led by Sultan Iskandar Muda Perkasa Alam Darmawangsa Tun Pangkat (1607-1636), the Aceh Sultanate with reinforcements from the Ottoman Turkish fleet conquered the territory of Johor and liberated the Malay lands from Portuguese clutches. After the Portuguese colonists were displaced, the territory of Singapore and Batu Puteh Island, located at the meeting point of the Singapore Strait w