Indonesia di tengah merebaknya kasus Covid-19 dengan latar belakang permasalahan terhadap angka pemulihan perekonomian di tingkat nasional hingga dunia menjadi suatu keharusan yang harus di sokong dari berbagai sudut oleh setiap manusia, termasuk para pebisnis dan para usahawan yang bergerak dalam dunia usaha baik skala besar, menengah dan kecil, salah satunya ialah dari dunia usaha kuliner dan masakan yang mengandung nilai 4 sehat 5 sempurna bagi para pelanggan atau konsumen.
Pertumbuhan ekonomi di
tingkat nasional dalam berbagai bidang usaha menjadi role model untuk setiap
wilayah ataupun di setiap daerah. Indonesia tepatnya di DKI Jakarta merupakan
pusat perekonomian Indonesia, dengan laju pertumbuhan ekonomi tingkat nasional
berada di kisaran yakni 4,7% - 5,5% pada tahun 2022. Dan Pemerintah telah
memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal I/2022 berada di kisaran 5%
dikarenakan sejumlah sektor mencatat kinerja positif di era pemulihan dampak
pandemi Covid-19. Pemulihan daya beli menjadi salah satu faktor pendorong utama
pertumbuhan ekonomi pada awal tahun 2022 dan tepatnya saat memasuki bulan suci
Ramadhan 1443 Hijriah.
Peninjauan dari sektor bisnis usaha produksi makanan, maka sangat baik kita angkat dari kisah berdirinya sebuah perusahaan yang bergerak di Jakarta. PT Jiwa Tekno Kultura (Soul in a Box) mulai beroperasi tahun 2017. Berawal dari sebuah dapur rumahan kecil berkapasitas 100 porsi, kini kami sudah berkembang menjadi sebuah usaha yang mampu melayani hingga 3000 porsi setiap harinya. Hal ini menjadi salah satu peluang yang dilihat oleh perusahaan Soul in a Box untuk memenuhi kebutuhan para pelanggannya di tengah perkotaan. Katering Soul in a Box hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan makanan yang enak, berkualitas, bersertifikat halal, layak hygiene sanitasi, ISO, serta CHSE menjadi jaminan bahwa Soul in a Box berupaya memberikan yang terbaik untuk pelanggannya.
Bergerak dalam bidang
catering apalagi catering jakarta bukanlah hal yang sangat mudah, sangat banyak
pesaing yang bergerak di bidang yang sama, tetapi dari tantangan inilah sebuah
perusahaan akan terus dapat berlanjut dengan daya kreativitas yang mereka
kembangkan bersama karyawan yang bekerja secara baik dan terstruktur di
perusahaan tersebut. Adapun produk masakan yang ditawarkan sangat bervariasi
antara lain mulai dari oeriental, western dan nusantara serta memiliki visi dan
misi yang relevansi dengan tujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat
sekitar.
Setiap makanan yang
ditawarkan oleh Soul in a Box dimasak dengan sepenuh hati. Hal ini menghasilkan
rasa yang lezat, seperti nasi box atau nasi kotak dengan paket yang berbeda,
dimulai dari paket lauk, reguler dan lain sebagainya dengan harga yang relatif
ramah bagi setiap pelanggan.
Mungkin tidak bisa
dipungkiri lagi sebagian warga di Jakarta memiliki waktu yang sangat singkat
dengan kepadatan tuntutan pekerjaan di suatu perusahaannya, apalagi teruntuk
para millenial yang bekerja di perusahaan startup, tentu hal tersebut memicu
permasalahan secara signifikan bagi setiap insan apabila waktu istirahat telah
tiba dan ingin mengisi stamina dengan makanan di luar. Hal yang unik dan sangat
melekat di setiap insan masyarakat beranggapan bahwa "kalau belum makan
nasi" maka belum dikategorikan telah makan, dan ini menjadi budaya dari
masyarakat yang telah mendarah daging di bumi Indonesia. Apalagi zaman sekarang
serba praktis dan instan.
Bagi para pelanggan
personal penawaran paket mealbox sangat cocok untuk makan sendiri atau
mentraktir teman-teman di kantor atau juga keluarga di rumah, sedangkan untuk
paket corporate ini sangat cocok untuk sobat yang punya acara kantor seperti
meeting atau untuk acara makan siang bersama teman kantor, dan masih banyak
paket dengan penawaran yang sangat baik, seperti paket sehat, event, dan lain
sebagainya. Bagi para sahabat yang ingin memesan mungkin lebih terasa manfaat
dengan hadirnya Gojek yang juga menawarkan jasa antar makanan, selain menghemat
tenaga juga dapat menghemat mobilitas ruang gerak di masa pandemi Covid-19.
Katering makanan dengan
menu yang beraneka ragam menuntut untuk sebuah kemasan yang lebih baik dari
sudut mata para pelanggan dan efisiensi biaya dari perusahaan terkait. Kemasan
dalam bisnis kuliner merupakan salah satu unsur terpenting bagi penentuan kepuasan konsumen, sehingga packaging bisa dikatakan sebagai sebuah elemen terpenting
untuk meningkatkan penjualan atau bisnis si perusahaan. Adapun jenis kemasan
makanan yang umum digunakan harus lebih diperhatikan dalam dunia tata
pengelolaan penggunaan plastik, apalagi halnya di pusat perkotaan dalam hal ini
di Kota Jakarta.
Penggunaan plastik untuk
packaging harus lebih di perhatikan secara khusus bagi keberlangsungan hidup
khalayak ramai di suatu daerah dan jika tidak diindahkan hal ini justru
berdampak bisa membawa ke arah negatif bagi bumi kita sendiri. Sebagai bentuk
rasa cinta kita terhadap lingkungan, ada baiknya kita turut serta dalam aksi
pengurangan sampah plastik. Dalam hal ini saran dan masukan bagi suatu
perusahaan yang bergerak dalam dunia usaha katering dan yang semisal dengannya
semoga adanya berbagai cara atau alternatif barang yang bersifat ramah
lingkungan untuk penggunaan plastik. Packaging makanan yang ramah lingkungan
juga dapat memberikan nilai plus bagi suatu usaha di mata konsumen dan dengan
penggunaan bahan-bahan yang dapat di daur ulang dan tidak mengandung bahan
kimia berbahaya yang dapat merusak lingkungan sekitar.
Adapun contoh packaging makanan yang ramah lingkungan antara lain; box makanan, food paper bag, paper bowl, paper tray dan lain sebagainya. Semoga dengan ini semua dapat meningkatkan nilai jual dan pemasaran bagi suatu perusahaan, dalam hal ini untuk PT Jiwa Tekno Kultura (Soul in a Box) bisa membawa sebuah harapan baru di dunia usaha di Jakarta dan bisa menjadi role model bagi daerah lain serta bisa menuju ke kancah Internasional dengan penawaran konsep yang unik, humanis serta bermanfaat bagi sekalian umat manusia. Sukses selalu, Jayalah Indonesiaku !!!.
Penguatan Sumber :
https://ekonomi.bisnis.com/read/20220403/9/1518283/pemerintah-optimistis-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-i2022-capai-5-persen#:~:text=Bisnis.com%2C%20JAKARTA%20%E2%80%94%20Pemerintah,dari%20dampak%20pandemi%20Covid%2D19
https://glints.com/id/companies/pt-jiwa-tekno-kultura/8d9786f2-e427-4d65-b007-850e66d046a3
https://masagena.id/blog/penyedia-menu-catering-terlengkap-halal-dan-hygine/
https://www.idntimes.com/life/inspiration/agata-melinda-kristi/alternatif-barang-pengganti-plastik-c1c2/5
https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/contoh-packaging-makanan-yang-ramah-lingkungan/
Komentar